Sunday 28 April 2013

Ibu Pelaku Bom Boston Pernah Masuk Daftar Teroris


Zubeidat Tsarnaeva. (Foto: AP) Zubeidat Tsarnaeva. (Foto: AP)


BOSTON - Pejabat pemerintahan Amerika Serikat (AS) mengungkapkan ibu dari dua orang yang diduga melakukan bom maraton Boston pernah masuk dalam database terorisme 18 bulan lalu, menurut pejabat pemerintah AS.

Zubeidat Tsarnaeva dan anak sulungnya, Tamerlan Tsarnaev dicatatkan setelah CIA dihubungi oleh Rusia pada 2011. Dilansir dari Metro, Sabtu (27/4/2013), pasangan ibu anak itu disebutkan adalah militan agama dan melakukan perjalanan ke Negara Adidaya tersebut.

Menurut para pejabat, pasangan tersebut masuk dalam daftar Terrorist Identities Datamart Database Environment (TIDE) tersebut termasuk teroris yang dikenal dan dicurigai, namun tidak selalu diduga melakukan kegiatan teroris.

Zubeidat yang kemudian kembali ke Rusia telah berulang kali mengatakan dia tidak percaya anaknya melakukan serangan yang menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 200 orang.

Dalam sebuah konferensi pers yang sangat emosional, dia berujar, "Amerika mengambil anak-anak saya jauh dari saya. Saya lebih suka untuk tidak tinggal di Amerika. Mengapa saya pergi ke sana? Saya yakin anak-anak saya tidak terlibat apa-apa," katanya.
okezone.com

No comments:

Post a Comment