Senin, 15 April 2013

Tarik Tunai Kartu Kredit via ATM atau Gestun, Lebih Murah Mana Sih?




Gestun hanya dikenakan biaya rata-rata sampai 2,5% dari nilai yang ditarik tunai. Sementara gestun via ATM bisa dikenai biaya hingga 2,95% setiap transaksi dan belum termasuk biaya administrasi yang cukup besar.

William, penyedia jasa layanan gestun terselubung mengaku, untuk sekali transaki gestun ini, nasabah dikenai biaya sebesar 2,3% bahkan, jauh lebih murah dari biaya transaksi lewat ATM atau bank langsung yang bisa mencapai 4% ketika dahulu. Saat ini bank sudah dipatok 2,95% memang oleh BI untuk bunga kartu kredit terbesar.

"Biaya admin atau fee 2,3 persen, visa atau master untuk semua jenis kartu kredit. Gestun ini Banyak yang pakai," katanya saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Senin (15/4/2013).

Di tempat terpisah, Daniel yang juga penyedia jasa layanan gestun ini mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, nasabah lebih banyak menggunakan jasa gestun ini karena memang biayanya lebih murah.

"Orang mikirnya daripada lewat ATM lebih mahal bunganya 4% mending lewat gestun saja lebih murah cuma 2,5%," kata Daniel, saat disambangi detikFinance, di salah satu mal di kawasan Kelapa Gading.

Dia mengaku, untuk sekali transaksi, nasabah dikenakan biaya gesek tunai sebesar 2,5% untuk setiap jenis kartu kredit. Itu lebih tinggi dari transaki menggunakan ATM langsung.

"Dibanding tarik tunai ke bank atau ATM lebih besar karena terkena biaya tarik tunai. Bedanya disitu. Misalnya mau ambil Rp 5 juta. Nasabah paling kena Rp 125 ribu lewat gestun. Kalau tarik langsung di ATM kan 2,95 persen bisa sampai Rp 150 ribu. Kan lumayan bedanya," kata Daniel.

Belum lagi, jika melakukan penarikan via ATM akan dibebankan adminstrasi hingga Rp 100.000 sekali penarikan untuk jenis kartu mastercard.

"Saya pernah tarik tunai di ATM cuma Rp 500.000 nah itu biayanya 2,95% bunga plus administrasi Rp 100.000," jelas Tomo salah satu nasabah kartu kredit jenis mastercard.

Sebagai informasi, gestun adalah layanan gesek tunai menggunakan kartu kredit. Jika biasanya, fasilitas tarik tunai yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit umumnya melalui ATM, namun gestun di sini dilayani melalui merchant atau toko di mall-mall tertentu yang menyediakan jasa gestun bahkan dilakukan hanya face to face antara si nasabah dan si penyedia jasa layanan gestun di tempat tertentu sesuai pesanan, malah lebih mirip transaksi ‘terselubung’. Gestun ini memberikan bunga lebih rendah daripada lewat ATM.
detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar