Tuesday 16 April 2013

2 Alasan kenapa era PC dapat berakhir


2 Alasan kenapa era PC dapat berakhir


Ada perkiraan bahwa sebentar lagi era PC akan tumbang. Apabila memang hal tersebut terjadi ada 2 pemikiran yang cukup masuk akal kenapa era PC berakhir.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di akhir tahun 2012 lalu sampai Q1 2013 ini, penjualan perangkat PC semakin lama semakin menurun drastis.

Dikutip dari Slate (12/04), ada dua alasan cukup masuk akal kenapa era PC semakin terpuruk dan diprediksikan berakhir.

Satu, hal ini boleh dikatakan sebagai salah dari Microsoft dengan Windows 8 mereka. Sebelumnya, banyak orang yang menggunakan PC dengan operating system Windows di dalamnya.

Tanpa harus mengganti perangkat, mereka cukup memberikan upgrade OS saja untuk PC-nya. Namun, ketika Microsoft memperkenalkan operating system barunya, banyak orang terkesima sekaligus kecewa.

Windows 8 adalah operating PC paling baru dari Microsoft. Untuk mengoptimalkan segala fungsi dan fitur di dalamnya, Microsoft menjelaskan bahwa PC yang digunakan harus support dengan teknologi touchscreen.

Menurut banyak analis, tidak sedikit pengguna PC dengan OS lama enggan membeli perangkat baru dan memberikan upgrade terhadap operating system yang mereka gunakan.

Selain mahal, belum tentu apa yang ditawarkan PC dan Windows 8 jauh lebih baik dibandingkan perangkat dan operating system sebelumnya. Walaupun ada, namun hanya sedikit saja.

Di sisi lain, lebih dari setengah PC yang ada di dunia menggunakan operating system besutan Microsoft. Oleh karena Microsoft lebih fokus untuk mensupport OS barunya dan 'membiarkan' yang lama, maka tingkat teknologi operating system edisi sebelum Windows 8 juga tertinggal dengan OS lain seperti Mac OS, Linux atau lainnya.

Kedua, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak gadget portable, ringan dan praktis beredar serta dijual bebas di pasaran. Smartphone dan tablet ada 2 di antara gadget yang dimaksud.

Dengan hadirnya gadget-gadget yang lebih praktis dan portable tersebut maka banyak orang yang lebih memilih perangkat tersebut daripada harus membeli sebuah PC yang hanya dapat dioperasikan di satu tempat saja.

Walaupun apa yang ditawarkan PC lebih komplit dan enak dioperasikannya, namun tablet dan smartphone saat ini juga telah didesain untuk dapat menyamai kemampuan apa yang dimiliki PC.

Menurut Anda, dengan munculnya 2 pemikiran di atas, apakah nantinya era PC akan benar-benar mati?

http://www.merdeka.com

No comments:

Post a Comment