Monday 15 April 2013

Yang Harus Dilakukan Penumpang Saat Pesawat Mendarat di Air


img

Ilustrasi (Thinkstock)


Jakarta - Water landing adalah pendaratan darurat pesawat yang dilakukan di atas air. Inilah pilihan yang harus segera diputuskan pilot ketika mesin pesawat bermasalah. Lantas, apa yang harus dilakukan penumpang saat water landing?

"Ya jelas pasti sakit juga mendarat di air, tapi itu adalah pilihan," ujar pengamat penerbangan Alvin Lie, kepada detikTravel, Senin (15/4/2013).

Menurut Alvin, kalau sampai pesawat mendarat di air, penumpang harus bersiaga. Saat water landing, pilot dan awak kabin pun telah memberitahukan dan mengingatkan penumpang. Yang pertama, perhatikan betul instruksi pilot dan awak kabin.

"Pada saat melaksanakan itu (water landing-red), penumpang sudah diberitahu dan disiagakan, seperti kepala menunduk dan memakai safety belt," tegas Alvin.

Hal kedua, setelah proses water landing, awak kabin harus siap siaga mengeluarkan penumpang dari dalam pesawat secepatnya. Alvin mengatakan hal ini untuk menyelamatkan penumpang dari kebakaran pesawat yang bisa saja terjadi.

"Awak kabin itu bertanggung jawab pada keselamatan penumpang," tutup Alvin.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk selalu memperhatikan demo penyelamatan yang dilakukan pramugari setiap kali Anda terbang dengan pesawat. Selain itu lembar petunjuk keselamatan dibaca juga. Lembaran itu bukanlah untuk pajangan semata. Pakai sabuk pengaman dan tetaplah tenang serta percayakan kepada awak kabin jika terjadi suatu masalah.
detik.com

No comments:

Post a Comment