Monday 29 April 2013

Cari Penyebab 'Kereta Misterius' Meluncur Sendiri, PT KAI Periksa 5 Petugas



Kendal - PT KAI belum mengetahui bagaimana lokomotif bisa meluncur tanpa masinis sejauh 17,2 km. Lima petugas yang mengoperasikan lokomotif tersebut diperiksa. Dimungkinkan ada kesalahan prosedur dalam kejadian tersebut.

"Hasil pemeriksaan sementara karena kesalahan prosedur dari petugas sehingga lokomotif bisa jalan sendiri," kata Humas PT KAI Daops IV, Surono, kepada detikcom, Senin (29/4/2013).

Kesalahan prosedur seperti apa, Surono tak merinci. Ia hanya menyatakan prosedur lokomotif cukup banyak. Bisa jadi ada beberapa teknis yang tidak sesuai.

"Kami sudah dan masih periksa 5 teknisi depo Poncol," jelasnya.

Setelah pemeriksaan selesai, lanjut Surono, petugas yang terbukti melakukan kelalaian akan dikenakan sanksi. "Sanksinya nanti dilihat dari kadar kesalahan," tandasnya.

Lokomotif yang akan digunakan KA Argo Sindoro jurusan Semarang-Jakarta meluncur tanpa masinis saat mesinnya dipanaskan oleh 5 petugas, Minggu (28/4/2013). Setelah 15 menit melaju, lokomotif akhirnya keluar rel dan terhempas di Dukuh Mijen, Desa Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kendal. Tidak ada korban jiwa, tapi 3 atap rumah dan kandang kambing rusak dalam kejadian itu.
detik.com

No comments:

Post a Comment