Wednesday 1 May 2013

May Day, Polisi Yunani Lempar Gas Air Mata


Foto : May Day di Yunani (AP)
  Foto : May Day di Yunani (AP)


ATHENA - Sektor transportasi kereta dan feri lumpuh di Yunani. Para staf rumah sakit juga terlihat meninggalkan pekerjaannya hanya untuk berdemo memperingati Hari Buruh Sedunia. Polisi-polisi tak berhenti melempar gas air mata dan menembakkan water canon ke para demonstran.

Demonstrasi 24 jam itu dilakukan oleh dua serikat buruh di negara Eropa tersebut. Demonstrasi yang berlangsung hari ini menjadi demonstrasi terakhir yang berskala besar.

"Pesan kami hari ini sangat jelas, hentikanlah kebijakan yang melukai warga dan membuat warga miskin menjadi semakin miskin," ujar salah seorang pejabat serikat buruh, Ilias Iliopoulos, seperti dikutip Reuters, Rabu (1/5/2013).

Ribuan kepolisian dikerahkan ke Ibu Kota Athena untuk menangani kekerasan yang muncul dalam demonstrasi itu. Demonstran pun bergerak menuju Lapangan Syntagma sambil menyuarakan slogannya. Selain ke lapangan tersebut, mereka bergerak ke kantor Parlemen Yunani, di tempat itulah banyak terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi.

Demonstrasi itu tidak hanya melibatkan para pegawai di sektor rumah sakit. Para bankir juga ikut mogok selama satu hari untuk memprotes kebijakan pemerintah.

Seperti diketahui, Pemerintah Yunani yang dipimpin Perdana Menteri Antonis Samaras kini memberlakukan tindakan keras untuk menyelamatkan negaranya dari krisis ekonomi dan pengangguran. Kecaman-kecaman juga muncul dari fraksi oposisi yang menuntut adanya reformasi.

Demonstrasi serupa juga terjadi di Kota Istanbul, Turki, yang berbatasan dengan Yunani. Kepolisian Turki  memblokir akses ke Lapangan Taksim, dan menghadang para demonstran yang berupaya menerobos barikade itu.
okezone.com

No comments:

Post a Comment