Sunday 19 May 2013

Hujan deras guyur Puncak, Katulampa Siaga III banjir



Hujan deras guyur Puncak, Katulampa Siaga III banjir
Katulampa. ©2013 Merdeka.com


Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor dan sekitarnya sejak pukul 16.00 WIB hingga saat ini, membuat ketinggian air di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, naik. Ketinggian air hingga pukul 18.45 WIB mencapai 130 sentimeter atau siaga III banjir, Minggu (19/5).

Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman saat dihubungi mengatakan kenaikan volume air Sungai Ciliwung, terjadi setelah dua jam wilayah Puncak diguyur hujan deras.

"Awalnya hanya 30 sentimeter, kemudian pada pukul 17.50 WIB, naik mencapai 80 sentimeter (normal). Satu jam kemudian air naik menjadi 130 sentimeter dengan status siaga III," kata Andi.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang tinggal di hilir Sungai Ciliwung, khususnya Depok dan Jakarta agar waspada banjir kiriman.

"Sebab saat ini hujan masih mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya (hulu Sungai Ciliwung), sehingga tidak menutup kemungkinan debit air akan terus naik," katanya.

Sedangkan di Katulampa (Kota Bogor) hanya diguyur hujan dengan intensitas sedang. Namun menurutnya, kondisi tersebut tidak menjamin air sungai Ciliwung surut. "Kalau di kawasan Puncak hujan tak kunjung reda, debit air akan terus bertambah," tandasnya.

Sementara itu, malam ini hujan deras juga sudah melanda Jakarta. Wilayah Jakarta Selatan menjadi yang pertama diguyur hujan lebat.
http://www.merdeka.com

No comments:

Post a Comment