Monday 6 May 2013

Tak semua perusahaan Italia tahu potensi investasi di Indonesia



Tak semua perusahaan Italia tahu potensi investasi di Indonesia
Pembangunan bandara. ©2013 Merdeka.


Indonesia dan Italia tengah gencar memperkuat lini bisnis dalam upaya penguatan perekonomian dan investasi dua negara. Penguatan ini sebagai bagian dari memberikan edukasi terhadap perusahaan Italia yang nantinya bakal memanfaatkan potensi investasi di Indonesia.

Hanya saja, ada beberapa hambatan. "Hambatan utamanya terletak pada pengetahuan, hanya sedikit perusahaan kami yang memahami potensi Indonesia secara penuh," ujar Presiden Promosi Italia, Riccardo Monti saat konferensi pers bertajuk 'Indonesia-Italy: Comprehensive Economic Partnership' di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (6/5).

Hambatan kedua terletak pada sistem jaminan keuangan untuk perusahaan-perusahaan Italia. Khususnya yang akan berinvestasi di sektor infrastruktur, bandara, pelabuhan. "Banyak perusahaan Italia yang tidak berpartisipasi karena tidak mendapatkan jaminan keuangan yang mencukupi," jelas dia.

Bicara mengenai target dalam kerja sama bilateral ini, pihaknya mengatakan bahwa saat ini Eropa tengah mengalami tekanan defisit. Sehingga harus dapat menyeimbangkan surplus perdagangan dengan Indonesia.

Sedangkan untuk target investasi dalam kerja sama ini, Riccardo mengaku tidak mematok terlalu besar. "Investasi masih kecil di Indonesia, maka nantinya kami bisa menggandakan lima kali lipat ke Italia," katanya.
http://www.merdeka.com

No comments:

Post a Comment