Saturday 18 May 2013

Gempa 6,1 SR Landa Jepang




TOKYO - Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) dikabarkan melanda wilayah pesisir utara Jepang. Tidak ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa ini.

"Gempa melanda sekira pukul 2.48 waktu Jepang hari ini. Pusat gempa dilaporkan berada sekira 50 kilometer (Km) dari Kota Namie," ujar Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), Seperti dikutip AFP, Sabtu (18/5/2013).

Pihak meteorologi Jepang memperkirakan guncangan gempa justru berukuran 5,9 SR dengan kedalaman mencapai 50 kilometer. Gempa juga berada tidak jauh dari pembangkit listrik tenaha nuklir Fukushima Daiichi, yang mengalami kebocoran pada saat gempa Maret 2011 lalu.

Operator Fukushima, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) mengatakan, gempa tersebut tidak mempengaruhi PLTN Fukushima. "Kami tidak mendapatkan laporan kerusakan hingga saat ini," tutur pihak TEPCO.

Hingga kini belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan berat akibat gempa. Sementara pusat peringatan bahaya tsunami juga tidak mengeluarkan ancaman tsunami usai gempa melanda.

Jepang sudah terbiasa dengan guncangan gempa. Bangunan-bangunan yang ada di Negeri Sakura itu dikabarkan sudah beradaptasi dengan guncangan gempa dan bisa meminimalisir kerusakan.
http://international.okezone.com              

No comments:

Post a Comment