Monday 6 May 2013

Dipanggil Menlu, Dubes Inggris Terima Protes Pemerintah


Dubes Inggris Mark Canning (Foto: Kedubes Inggris)
  Dubes Inggris Mark Canning (Foto: Kedubes Inggris)


JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mark Canning. Pemanggilan Dubes Canning itu terkait dengan pembukaan perwakilan Organisasi Papua Merdeka atau Free West Papua di Oxford.

"Hari ini saya dipanggil untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa. Menteri menyampaikan secara jelas tentang keprihatinan yang mendalam dari Pemerintah Indonesia menyusul pembukaan kantor Free West Papua di Oxford," ujar Dubes Canning dalam pernyataan tertulis Kedubes Inggris yang diterima Okezone, Senin (6/5/2013).

"Saya menjelaskan kepada Menteri bahwa kami sangat memahami kesensitifan isu ini bagi Indonesia," jelasnya.

"Posisi pemerintah Inggris dalam isu ini sudah cukup jelas. Kami menghormati integritas wilayah Indonesia dan kami tidak mendukung seruan-seruan untuk memerdekakan Papua," tuturnya.

Dubes Canning menegaskan bahwa pihaknya menghargai Papua sebagai bagian dari Indonesia dan hal ini sudah menjadi pandangan Pemerintah Inggris.

Sementara berdasarkan perkembangan terakhir tentang dibukanya kantor Free West Papua di Oxford, Inggris menegaskan pihaknya tidak akan mengubah pandangannya bahwa Papua sebagai bagian dari Indonesia.

Selain itu Canning menambahkan, Pemerintah Inggris mendukung usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak-pihak, contohnya Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang berusaha mengatasi masalah-masalah Papua.

Canning yakin pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dalam mengatasi masalah-masalah di Papua dan berharap usaha-usaha tersebut membuahkan hasil.
http://international.okezone.com

No comments:

Post a Comment