Sunday 19 May 2013

Pesawat Mendarat Tanpa Roda di New Jersey

Jakarta - Pesawat US Airways mendarat di Bandara Internasional Newark, New Jersey, Amerika Serikat, tanpa menggunakan rodanya. Pesawat tersebut mendarat dengan menggunakan lambungnya.

Seperti dilansir Associated Press, Minggu (19/5/2013), pesawat yang dioperasikan Piedmont Airlines tersebut mendarat menggunakan lambungnya yang berkontak langsung dengan aspal landasan pendaratan, pada Sabtu (18/5) pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Pesawat tersebut membawa 34 orang yang terdiri dari 31 penumpang dan tiga awak pesawat.

Pesawat berpenggerak baling-baling (turboprop) tersebut gagal mengoperasikan gir guna menurunkan roda-rodanya menjelang pendaratan. Seperti yang dikatakan Juru Bicara US Airways Davien Anderson, si pilot sudah berkali-kali mencoba menggerakkan gir untuk menurunkan roda, tapi gagal.

Akhirnya pilot tersebut memutuskan untuk mendarat dengan perutnya. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa pendaratan darurat ini.

Pihak US Airways kemudian mengevakuasi korban selamat dengan menggunakan bus. US Airwas akan kooperatif dengan Badan Keselamat Transportasi setempat untuk menginvestigasi kecelakaan ini.

Pesawat tersebut meninggalkan kota Philadelphia pada 11.00 waktu setempat intuk menuju New Jersey.
http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment