Wednesday 1 May 2013

"969" Berada di Balik Serangan Tempat Ibadah di Myanmar


Kelompok 969 (Foto: AFP) Kelompok 969 (Foto: AFP)


OKKAN - Kerusuhan terbaru yang terjadi di wilayah Okkan, Myanmar menyisakan pertanyaan siapa pelaku di balik insiden itu.  Menurut seorang politisi Myanmar, anggota ekstrimis Myanmar "969" berada di balik serangan tersebut.

Politisi pro-pemerintah National Union Party, Myint Thein mengatakan, kelompok "969" terlibat dalam kerusuhan ini. Kelompok ekstrimis tersebut memang dikenal kerap mendorong warga Budha Myanmar untuk tidak melakukan hubungan apapun dengan warga Muslim Myanmar.

Kelompok "969" mendesak agar warga Myanmar untuk berbelanja di toko milik warga Budha. Selain itu, kelompok tersebut juga meminta agar warga tidak menikah, menjual atau menyewakan rumah ataupun tanah mereka kepada warga Muslim.
Menggunakan stiker dan tanda 969, kelompok ini dinilai oleh pemerhati HAM sebagai pemicu sikap anti-Muslim yang kini merebak di Myanmar. Namun dalam kerusuhan terbaru yang terjadi di Okkan, pihak kepolisian belum memiliki detail siapa yang berada di balik serangan tersebut.

Seorang warga bernama Khin Maung Than, mengaku mengenal beberapa orang penyerang. Pria yang menikahi perempuan Budha setempat itu, bersembunyi di rumah tetangganya yang memberikan perlindungan kepadanya.

"Saya tidak mampu berkata banyak. Tidak pernah satu kerusuhan pun saya alami. Saya tidak pernah mengira kerusuhan ini terjadi di kota kami yang damai," ujar Maung Than, seperti dikutip Associated Press, Rabu (1/5/2013).

Sementara istri Maung mangatakan, polisi tidak mampu menghadang pelaku penyerangan. Beberapa polisi yang berupaya menghadang pelaku penyerangan, justru terluka akibat tindakan keras dari para warga yang melakukan penyerangan.
okezone.com

No comments:

Post a Comment