Friday 3 May 2013

Pesawat militer Amerika tabrak gunung



Pesawat militer Amerika tabrak gunung
Pesawat Angkatan Udara Amerika KC 135. cnn.com


Satu pesawat pengisian bahan bakar militer Amerika Serikat hari ini jatuh di Kirgizstan. Menteri DaruratKirgizstan, Bolot Sharshenaliev, mengatakan tiga orang berada di pesawat itu.

Stasiun televisi ABC News melaporkan, Jumat (3/5), sebelumnya, juru bicara Kementerian DaruratKirgizstanmenyatakan ada lima orang yang ada di dalam pesawat. Namun, pihak militer Amerika tidak memberikan jumlah awak pesawat itu dan mengatakan status kru tidak diketahui.

Menurut Humas Pusat Transit di Manas, dekat Kota Bishkek,Kirgizstan, pesawat yang menabrak merupakan pesawat Angkatan Udara KC-135. Para kru dan pesawat itu dilaporkan akan menuju ke Pusat Transit Manas.

Pusat transit Manas merupakan pangkalan udara Amerika yang berfungsi sebagai pusat pasokan persediaan bagi pasukan Amerika di Afghanistan. Tempat ini terletak di Bandar Udara Manas.

Menurut laporan pesawat itu jatuh di daerah pegunungan antara Chorgolu dan Cholok Aryk, dua desa terletak di Wilayah Chuysky, sebelah utaraKirgizstan. Akibat ledakan itu, satu mobil pemadam kebakaran dan tiga ambulans langsung menuju lokasi.

Pusat Transit Manas mengatakan tim penyelidik sedang mencari penyebab kecelakaan dan Perdana MenteriKirgizstan, Jantoro Satybaldiev, langsung mengadakan pertemuan darurat sehubungan dengan kecelakaan itu.

Sharshenaliev mengatakan puing-puing pesawat tersebar luas dengan radius satu kilometer. Dia menjelaskan saksi sempat menelepon saluran langsung dan cepat (hotline) dan mengatakan mereka melihat sebuah parasut ketika pesawat jatuh. Namun, saksi lain menyebut mereka melihat ledakan dan pesawat terbelah menjadi dua bagian.

No comments:

Post a Comment