Thursday 2 May 2013

5 Kuburan di Dunia yang Bisa Bikin Copot Jantung


Capuchin Catacombs of Palermo, Italia (telegraph.co.uk)


Sydney - Tidak bisa dipungkiri, komplek pemakaman memang memiliki suasana yang mistis. Beberapa pemakaman ini bisa dengan mudah membuat bulu kuduk bergidik saking ngerinya. Inilah 5 kuburan yang bisa bikin jantung copot.

Penampakan bukan hal yang aneh saat melancong ke kompleks pemakaman. Tapi, 5 pemakaman di bawah ini bukanlah komplek seperti yang lainnya. Dikenal sebagai komplek dengan latar belakang menyeramkan, pemakaman ini akan membuat wisatawan merinding, seperti ditengok detikTravel dari beragam sumber, Kamis (2/5/2013):

1. St Louis Cemetery No 1, New Orleans

Kaya akan sejarah dan dongeng, pemakaman St Louis di New Orleans, AS, jadi destinasi pertama jika ingin menguji nyali Anda. Dahulu, makam ini selalu terkena banjir karena kota ini cukup rendah. Akhirnya, dibangunlah makam di atas tanah.

Banyak wisatawan yang pernah mengalami pengalaman mistis saat melancong ke sini. Maklum, karena kisah seramnyalah, pemakaman ini termasuk salah satu yang terkenal seantero New Orleans.

Beberapa pengunjung mengaku melihat bayangan misterius, atau hantu dari zaman Perang Saudara, demikian ditulis CNN Travel. Salah satu hantu yang paling terkenal adalah Marie Laveau, ratu voodoo setempat. Menurut para saksi, ia senang berjalan di sekeliling komplek pemakaman.

2. Stull Cemetery, Kansas

Menurut legenda setempat, ada manusia setengah iblis yang dibunuh dan dimakamkan di Pemakaman Stull. Hati-hati juga jika ingin menjelajah pemakaman ini, karena menurut Haunted America Tours, ada penyihir wanita yang juga dikubur di sana.

Anda bisa dikutuk saat melewati kuburannya. Penyihir ini biasanya menjelma jadi wanita tinggi dengan rambut putih. Di sebelah kuburan sang penyihir, bersemayam suaminya yang ia tidak suka. Akibatnya, menurut cerita setempat, tanah di kuburan itu seperti digali lagi. Dari cerita yang beredar, hantu wanita ini pernah beberapa kali ingin memindahkan mayat suaminya agar tidak berada di sebelahnya.

Kemistisan pemakaman ini sudah terkenal ke mana-mana. Buktinya, beberapa film pernah dibuat di sini seperti film seri Supernatural. Bahkan, kawasan ini biasanya dipenuhi wisatawan saat Halloween. Meski begitu, pemerintah setempat menutup kuburan ini untuk umum, sehingga wisatawan yang ingin merasakan sensasi mistis bisa menjajalnya dari bagian luarnya saja.

3. Capuchin Catacombs of Palermo, Italia

Berawal dari para pendeta Palermo di Sisilia, Italia, yang memumikan seorang kolega mereka. Mumi tersebut ditaruh di bawah tanah agar mereka bisa terus mendoakan sang mendiang meski sudah meninggal. Dari sinilah, terbentuk salah satu makam paling mengerikan di dunia.

Capuchin Catacombs of Palermo tidaklah berisi makam-makam dengan nisan cantik. Ini adalah ruang bawah tanah yang berisi mumi-mumi. Mereka tidak dibalut perban melainkan menggunakan pakaian lengkap, ditengok dari Ghost Among Us.

Beberapa jenazah ditempatkan di peti, beberapa di peti dengan pintu geser, lainnya di tempat kaca yang bisa dilihat dengan mudah. Malah, beberapa lainnya digantung di tembok dengan pakaian lengkap.

Tak perlu mencari di mana sisi seram dari kuburan ini. Cukup melihat satu per satu mayat yang ada di sini, bulu kuduk pun langsung berdiri. Beberapa mayat sudah jadi tengkorak, beberapa lainnya masih berwajah dan tubuh yang utuh.

4. Catacomb of Paris

Abad ke-12, Paris dilanda masalah serius. Populasi semakin meningkat sedangkan lahan untuk pemakaman semakin sedikit. Kala para bangsawan masih punya banyak uang untuk membeli tanah, tidak halnya dengan orang yang tidak mampu. Mayat mereka bergeletakan di pinggir jalan.

Maka dibuatlah makam bawah tanah, demikian ditengok dari Ghost Stories and Haunted Places. Di makam itu, mayat-mayat dibukur secara massal. Sekitar abad 18, makam bawah tanah ini diperbaiki dan dibuka untuk umum. Tulang belulang tidak dibuang melainkan jadi dinding di sepanjang terowongan bawah tanah.

Banyak wisatawan yang melancong ke sana dan melihat sendiri penampakan beberapa hantu. Sudah banyak orang yang mengunggah video perjalanan ke sana yang berisi penampakan atau suara-suara misterius. Berani ke sana?

5. Rookwood Cemetery, Sydney

Pemakaman Rookwood di Sydney, Australia memiliki banyak kisah dan sejarah. Inilah salah satu makam paling multikultural yang ada di Sydney yang dibangun pada tahun 1818. Ada sekitar 1 juta jenazah yang disemayamkan di sini.

Karena umurnya, pemakaman ini kuat dengan unsur sejarah dan budaya. Sayangnya, beberapa makam telah ditumbuhi tanaman liar. Yang menarik dari pemakaman ini tentu saja kisah yang mistis. Dari Haunted America Tours, Pemakaman Rookwood konon jadi salah satu "gerbang ke neraka" juga menjadi tempat "kursi iblis".

"Kursi iblis" adalah suatu tempat untuk membuat perjanjian dengan iblis. Manusia membuat perjanjian dengan iblis yang bisa jadi cara singkat namun berbahaya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika ingin mencari penampakan, datang saja ke makam ini saat malam hari. Para wisatawan konon sering mendapati penampakan di pemakaman ini.
detik.com

No comments:

Post a Comment