Friday 21 June 2013

SBY Perintahkan Kepala BNPB Pimpin Penanganan Bencana Asap



Jakarta - Presiden SBY menunjuk Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, untuk memimpin penanganan bencana asap. BNPB menyampaikan saran kepada SBY untuk memadamkan kebakaraan hutan dan melakukan water bombing.

"Presiden memerintahkan kepada Kepala BNPB untuk memegang kendali penanganan bencana asap tersebut, dan dilakukan secepatnya dengan melibatkan potensi nasional yang ada," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho lewat rilis yang diterima detikcom, Kamis (20/6/2013).

Syamsul bertemu dengan SBY dan melaporkan bahwa di wilayah Riau terjadi penurunan kualitas udara dan menyebabkan jarak pandang di Singapura sekitar pukul 19.00 WIB berkurang. Pada pertemuan itu, BNPB mengusulkan untuk dilakukan pemadaman kebakaran hutan.

"Pemadaman kebakaran lahan dan hutan di daratan. Pemadaman di udara melalui water bombing menggunakan helicopter dan hujan buatan menggunakan pesawat terbang serta sosialisasi dan penegakan hukum," sebut Sutopo.

SBY pun menyutujui langkah-langkah yang dilakukan BNPB. BNPB akan melakukan koordinasi Menkokesra, Panglima TNI dan Kapolri.
http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment