Wednesday 26 June 2013

Israel Tunjuk Dubes Perempuan untuk Negara Islam


Foto : IST
  Foto : IST


TEL AVIV - Carmela Shamir, telah ditunjuk sebagai Duta Besar Israel untuk Uzbekistan. Shamir menjadi diplomat perempuan pertama dari Negeri Yahudi yang berdinas di negara Islam.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Yigal Palmor mengatakan, tidak ada alasan khusus bagi Israel untuk mengirim seorang kepala perwakilan diplomatik perempuan ke negara Islam. Shamir merupakan salah seorang diplomat terbaik yang sudah dinominasikan di posisi itu.

Dalam menjalankan tugasnya di Taskent, Uzbekistan, Sharmir akan didampingi oleh wakilnya yang juga merupakan diplomat perempuan, Hagit Mualem. Selama berdinas di Kementerian Luar Negeri Shamir juga menduduki posisi-posisi penting, perempuan itu sempat menjabat sebagai direktur riset kebijakan luar negeri.

Saat ini, Shamir menggantikan posisi Dr Hillel Newman yang menjadi Dubes Israel di Uzbekistan pada 2008. Penunjukkan Shamir juga sudah disetujui oleh Pemerintah Uzbekistan. Shamir akan segera menunjukkan surat kepercayaannya pada Presiden Islam Karimov yang sudah menguasai Uzbekistan sejak Uni Soviet runtuh di 1990.

"Ada 12 perempuan yang memimpin misi Israel di luar negeri, dan beberapa duta besar perempuan akan memulai tugasnya di luar negeri, secepat mungkin," ujar salah seorang pajabat Kemlu Israel Yossi Regev, seperti dikutip Ynet, Rabu (26/6/2013).

Seperti diketahui, Uzbekistan merupakan salah satu negara Asia Tengah yang didominasi warga Muslim. Lima persen warga di negara bekas Uni Soviet itu menganut agama Kristen Orthodoks Rusia.
http://international.okezone.com 

No comments:

Post a Comment