Friday 21 June 2013

BNPB akan Buat Hujan Buatan dan Water Bombing di Hutan Pekanbaru



Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membuat hujan buatan di area hutan Pekanbaru, Riau. 2 Pesawat dan 2 helikopter disiapkan untuk melakukan water bombing.

"Pesawat Hercules C-130 TNI AU juga dipersiapkan untuk mendukung hujan buatan tersebut," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho lewat rilis yang diterima detikcom, Kamis (20/6/2013).

Rencananya, pesawat Hercules C-130 TNI AU juga dipersiapkan untuk mendukung hujan buatan tersebut. "Rencana Jumat sore akan diterbangkan dari Lanud Husein Sastranegara Bandung ke Pekanbaru jika pemasangan peralatan selesai dilakukan," terangnya.

Sutopo menjelaskan, bahan semai untuk hujan buatan akan dikirim ke Pekanbaru. Selain itu juga diberangkatkan personil dan peralatan untuk mendukung operasi hujan buatan.

"Masih disiapkan dua buah helicopter untuk water bombing. Koordinasi dan persiapan masih dilakukan hingga saat ini oleh BNPB bersama TNI, Kementerian/Lembaga, Pemda dan pihak lainnya."kata Sutopo.
http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment