Sunday 21 July 2013

Israel & Palestina Mulai Berdamai?


(Foto: AFP)
  (Foto: AFP)


AMMAN - Usaha Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry akhirnya berhasil melanjutkan perundingan damai Israel-Palestina. Israel dan palestina setuju memulai kembali perundingan yang menemui jalan buntu sejak 2010.

Seperti dilansir Radio Free Europe, Sabtu (20/7/2013), kepastian mengenai perundingan tersebut disampaikan Kerry di bukota Jordania, Amman. Upaya yang dilakukan Kerry tidaklah mudah. Tarik ulur di antara kedua belah pihak sering terjadi sebelum akhirnya menemui kata sepakat di detik akhir.

Kerry memuji langkah ini sebagai sejarah yang akan tertulis nantinya di masa depan. Dia menambahkan,  AS menerima komitmen dari kedua belah pihak dalam perundingan untuk menyepakati keputusan final tentang konflik

Pihak Palestina akan diwakili wakil negisiatornya, Saeb Erekat. Sementara Israel mengirim Menteri Hukum Tzipi Lizni. Perundingan itu direncanakan digelar di Washington, AS minggu depan.

Kerry menyebut Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengambil langkah berani dengan kembali membuka dialog yang hampir tiga tahun membeku.

http://international.okezone.com

No comments:

Post a Comment