Tuesday 23 July 2013

"Iran Tidak Bisa Terus Marah pada Dunia"


Akbar Hashemi Rafsanjani (Foto: Reuters)
  Akbar Hashemi Rafsanjani (Foto: Reuters)


TEHERAN – Desakan untuk menurunkan ketegangan antara Iran dengan Negara Barat kembali muncul. Desakan kali ini dilontarkan oleh mantan Presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani.

“Kita tidak bisa terus marah pada Dunia,” ujar Rafsanjani dalam pertemuan di sebuah universitas di Kota Teheran, seperti dikutip Associated Press, Senin (22/7/2013).

Ucapan tersebut dia tujukan pada Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Dia menyebut sikap keras Ahmadinejad yang menyebabkan Iran kini terisolasi dari dunia internasional.

Sementara, masa jabatan Ahmadinejad dari kursi Presiden Iran akan berakhir pada Agustus. Dia digantikan oleh Hassan Rouhani yang berhasil memenangkan pemilu Juni lalu.

Rouhani dianggap sebagai tokoh yang beraliran moderat. Dia mendapat dukungan dari tokoh reformis seperti Rafsanjani dan mantan Presiden Iran lainnya, Mohammad Khatami.

Rouhani mengisyaratkan akan mengubah sikap Iran di dunia internasional. Termasuk dalam negosiasi nuklir dengan Negara Barat.

Namun, pengaruh Rouhani disebut terbatas. Kebijakan luar negeri dan nuklir Iran sepenuhnya ada di tangan pemimpin spiritual Ali Khamenei.
http://international.okezone.com

No comments:

Post a Comment