Sunday 10 February 2013

Warga Membuat Cerita Rakyat

Jelang Tahun Baru Imlek


indosiar.com, Vietnam - (Jumat, 08.02.2013) Dua hari menjelang Tahun Baru Imlek berbagai persiapan dilakukan oleh sejumlah warga Thiongha diberbagai negara. Diantaranya di Vietnam, sejumlah warga membuat cerita bergambar yang dicetak diatas kertas buatan tangan. Sementara yang ada di Yokohama, Jepang warga Cina disana telah menghias rumah - rumah mereka dengan lampion yang menarik.

Inilah kesibukan yang dilakukan sejumlah warga disalah satu desa disekitar Hanoi, Vietnam. Bagi mereka Tahun Baru Imlek yang dikenal dengan sebutan
pet ini adalah hari libur yang paling penting. Mereka membuat cerita rakyat bergambar dengan cetakan kayu diatas kertas buatan tangan.
Uniknya, warna yang dicorek dalam cerita bergambar ini hanya 4 warna yang mencerminkan budaya agraris Vietnam. Menurut Yue Yen Tam Dam dirinya tidak tahu persis sejak kapan nenek moyangnya membuat cerita rakyat bergambar yang terus diwarisi secara turun temurun.
Aktivitas lain jelang Tahun Baru Imlek juga dilakukan para pengrajin ukiran kayu sekitar 15 KM dari Hanoi. Para pengrajin memproduksi patung - patung Budha termasuk salah satu diantaranya bernama Ngu Yen Citung. Ia belajar dari ayah dan kakeknya sejak usia 10 tahun.
Warga Cina di Yokohama, Jepang juga disibukan untuk mempersiapkan Tahun Baru Imlek. Berbagai lampion menghiasi jalan dan rumah - rumah mereka. Menurut sejumlah warga Cina, Tahun Baru Imlek adalah sebuah pesta besar yang harus dinikmati semua kalangan. Apalagi tahun ini dikenal sebagai tahun ular.
Menurut peramal setempat Zhe - Zhe Key He Gucci, pada tahun ular ini Anda bisa menghemat uang, jika menyimpan uang didalam dompet yang terbuat dari kulit ular. Tahun Baru Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 10 Februari.

No comments:

Post a Comment