Friday 15 February 2013

Jokowi Jajal Waterway Usai Salat Jumat


Waterway (Foto: Heru/Okezone)
Waterway (Foto: Heru/Okezone)
Arief Setyadi - Okezone

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan uji coba tranportasi air alias Waterway, siang nanti. Waterway ini diluncurkan kemarin dan dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono.

"Habis (salat) Jumat, ikut semua nanti di sana," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Sementara itu Udar Pristono mengatakan, jumlah kapal yang akan beroperasi di waterway, untuk tahap pertama sebanyak dua unit. Jarak tempuh kapal itu mencapai 17 Kilometer dalam waktu 30 menit. Untuk dermaganya, kata Pristono, juga sudah disiapkan dengan bentuk dermaga terapung yang terletak di Marunda dan Muara Baru.

"Transportasi air ini untuk mendukung warga Pluit, Tangerang Selatan yang kemarin tertimpa musibah, mereka sebagian besar Tinggal di Rusun Marunda," kata Pristono.

Waterway ini, dinilai sangat membantu untuk mempersingkat waktu tempuh. Terlebih saat memberikan bantuan untuk korban banjir, jika menggunakan jalan darat memerlukan waktu hingga dua jam.

Saat ini, waterway sudah mulai beroperasi. Sekira 15 orang sudah menggunakan transportasi air itu. Untuk sosialisasi, dia mengaku sudah menyebarkan stiker dan spanduk. Bagi warga Rusun Marunda yang ingin menggunakan transportasi itu tidak dikenakan biaya.

No comments:

Post a Comment