Friday 15 February 2013

Tiap Hari Penipu Promo Tiket Murah Kirim 30 ribu SMS


    

Septiana Ledysia - detikNews

Rilis penangkapan sindikat penipu

Jakarta - - Para tersangka penipuan promo tiket murah setiap harinya menyebarkan pesan singkat (SMS) menggunakan www.smscaster.com. Para tersangka bisa mengirim 30 ribu SMS setiap hari.

"Sehari bisa 30 ribu nomor yang mereka kirimkan SMS untuk menawarkan promo tiket murah," kata Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (15/2/2013).

Herry mengatakan, dari puluhan ribu nomor yang dikirimkan SMS, ada beberapa korban yang tertarik dan menghubungi nomor kontak yang diberikan pelaku. Para pelaku akan menerima telepon korban layaknya operator travel dan meminta korban untuk melakukan reservasi.

Kemudian pelaku membuka website maskapai yang diinginkan korban untuk memberikan nomor kode booking dan jumlah pembayaran yang harus dilakukan.

"Setelah korban melakukan pembayaran nantinya akan menghubungi pelaku untuk konfirmasi. Tapi saat korban ingin mencetak tiket ternyata tiket telah dicancel karena pembayaran tidak dilakukan sehingga korban akan melakukan komplain terhadap pelaku," ujarnya.

"Apabila korban komplain dan menghubungi pelaku, maka pelaku menerima telepon dan menjelaskan bahwa telah melakukan pembayaran ke maskapai dan menyuruh korban bersabar karena sedang diurus," tambah Herry lagi.

Herry menambahkan, setelah beberapa kali telepon dan hanya diberikan janji-janji kosong, maka para pelaku akan langsung menutup telepon dan tidak akan menerima telepon korban. "Disitulah mereka mengganti sim card dan korban tidak bisa menghubungi lagi," imbuh Herry.

No comments:

Post a Comment