Thursday 2 May 2013

Virus Seperti SARS Serang Arab Saudi, 5 Warga Meninggal


Virus

Badan Kesehatan Dunia mengatakan sedang memantau perkembangan virus di Arab Saudi.

Para pejabat mengatakan lima orang di Arab Saudi meninggal dunia akibat virus seperti SARS sementara dua orang lainnya sakit.

Tujuh kasus virus yang disebut novel coronavirus (NCoV) itu muncul di wilayah Provinsi al-Ahsa, bagian timur Arab Saudi.

Virus NCoV menyebabkan pasien mengalami pneumonia dan kadang-kadang gagal ginjal. Virus ini berasal dari keluarga yang sama dengan virus yang menyebabkan wabah Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang terjadi di Asia pada 2003.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dilaporkan oleh kantor berita SPA, mengatakan pihaknya menempuh "semua langkah pencegahan bagi orang-orang yang berhubungan dengan mereka yang terinfeksi".



Kasus dilaporkan



Selain itu Kementerian Kesehatan juga telah mengambil sampel darah mereka untuk mengetahui apakah mereka tertular.

Namun Kementerian Kesehatan Arab Saudi tidak merinci berapa jumlah orang yang menjalani pemeriksaan.

Pada Maret lalu Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah menerima laporan adanya 17 kasus NCoV di sejumlah negara, termasuk 11 kematian. Kasus-kasus ini antara lain terdeteksi di Arab Saudi, Yordania, Jerman dan Inggris.

Menurut WHO, kematian terbaru akibat NCoV menimpa seorang laki-laki berusia 73 tahun dari Uni Emirat Arab pada Maret 2013.

Laporan-laporan menyebutkan sumber pasti virus sejauh ini belum jelas. Teori yang berkembang menyebutkan virus berasal dari hewan.
detik.com

No comments:

Post a Comment