Tuesday 26 March 2013

Rupiah Naik Tipis Didorong Meredanya Krisis Siprus


Rupiah Naik Tipis Didorong Meredanya Krisis Siprus


Liputan6.com, Jakarta : Pergerakan nilai tukar rupiah pada hari ini diperkirakan bakal naik tipis merespons kesepakatan pemberian dana talangan (bailout) untuk Siprus senilai 10 miliar euro atau setara Rp 125,2 triliun

Menurut Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada, kesepakatan itu akan membuat nilai mata uang euro menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Pelaku pasar terus memandang positif terhindarnya Siprus dari potensi gagal bayar utang dan keluarnya Siprus dari zona Eropa," jelas Reza dalam ulasannya, Selasa (26/3/2013).

Saat ini, lanjut Reza, pemerintah Siprus telah menyepakati pengenaan pajak 25% untuk deposito di atas 100 ribu euro untuk memenuhi tambahan bailout senilai 5,8 miliar uero yang jadi syarat cairya bailout 10 miliar uero dan deposito di bawah 100 ribu euro tidak dikenakan pajak tapi tetap dijamin oleh Bank Sentral Siprus.

Sementara di sisi lain, pelaku pasar juga menantikan pernyataan Gubernur The Fed AS, Ben Bernanke, dan Gubernur Bank of England, Mervyn King, yang akan berbicara di London School of Economics.

sumber : liputan6.com 

No comments:

Post a Comment